Keajaiban Komunitas Semut Sebagai Inspirasi Teknologi

Minggu, 28 April 2013



“Kemudian, ketika mereka tiba di Lembah Semut, semut berkata: “Semut Masuklah ke tempat tinggalmu, sehingga Sulaiman dan pasukannya tidak menghancurkanmu  tanpa disadari. ”  (Al Qur’an, 27:18)
 
Lembah Semut mengacu pada habitat dan spesies semut tertentu. Selain itu, kenyataan bahwa Nabi Sulaiman as bisa mendengar semut berbicara di antara mereka menjadi referensi mencolok untuk perkembangan masa depan dalam teknologi komputer.
 
Saat ini muncul istilah “Silicon Valley” atau Lembah Silikon mengacu pada pusat dunia teknologi dan sangat signifikan bahwa “lembah semut” muncul  pada masa Nabi Sulaiman as. Allah mungkin akan menarik perhatian kita dengan teknologi canggih masa depan. 
 
Selain itu, semut dan spesies serangga lain yang banyak digunakan dalam teknologi canggih sebagai model dalam proyek-proyek robot dan dimaksudkan untuk melayani dalam berbagai bidang, dari industri pertahanan untuk teknologi. Ayat ini juga dapat  mengacu pada perkembangan ini.
 
Perkembangan terbaru  dalam Teknologi Miniatur: Robot Tentara Semut
 
Proyek tercanggih saat ini yakni Robot tentara semut. Merupakan proyek yang dilaksanakan secara independen di beberapa negara. Salah Satunya yaitu  studi yang sedang  dilakukan oleh Virginia Polytechnic Institute dan State University Virginia berusaha untuk mengembangkan robot secara sederhana dan mengidentifikasikannya sehingga dapat digunakan sebagai tentara robot. 
 
Pejabat proyek menjelaskan bahwa robot tersebut berfungsi mengikuti keadaannya. “Cara mereka berperilaku dalam satu grup secara terkoordinasi, melakukan serangkaian tindakan fisik, dan mengambil keputusan bersama.” 
 
Desain mekanik dan listrik tentara robot ini telah didasarkan pada perilaku komunitas semut. Mereka disebut  robot “tentara-semut” karena kesamaan mereka dengan salah satu spesies serangga tersebut.
 
Sistem Robot “Tentara-semut” pada awalnya dirancang sebagai “sistem pembawa barang “.  Menurut skenario perancang,  beberapa robot kecil akan diisi dengan energi yang sama dan ditugaskan untuk membawa benda-benda. Kemudian akan diputuskan apakah mereka dapat digunakan untuk mengerjakan tugas lainnya. Sebuah laporan menjelaskan tugas-tugas lain yang selanjutnya  mungkin dapat dilakukan oleh robot tersebut :


robot semut/sedoniatech.com.au


Pembersihan Nuklir dan limbah berbahaya dengan robot “kawanan”,  pertambangan (termasuk penghapusan bahan dan pencarian dan penyelamatan), pembersihan tambang (baik tanah dan air), pengawasan dan penjaga, eksplorasi permukaan planet dan excavation.197
 
Menurut laporan Israel A. Wagner, seorang ahli teknologi robot semut, proyek  robot semut  dijelaskan dalam beberapa hal: robot semut merupakan makhluk fisik atau virtual sederhana yang dirancang untuk bekerja sama sehingga mencapai tujuan bersama. Mereka diasumsikan memiliki sumber daya yang terbatas energi, peka, komputasi, dan untuk berkomunikasi melalui jejak tersisa di tempat kerja atau di tanah, seperti yang dilakukan serangga secara alami.
 
Pembagian kerja antara beberapa agen dibuat baik oleh pengontrol pusat yang mengirim perintah ke agen, jika dipatuhi oleh para agen, akan mengarah pada penyelesaian suatu dari misi yang diberikan. Cara ketiga, digunakan melalui pekerjaan mutakhir untuk mendesain perilaku individu pada semut sehingga kerjasama secara alami akan muncul dalam pekerjaan mereka, tanpa membuat keputusan-priori pada struktur kerjasama. 
 
Aplikasi khusus yang meliputi alamat kami, yang juga dikenal sebagai  Exploring and Searching.  Berbagai nama ini menunjukan banyaknya  aplikasi yang mungkin mampu mengatasi berbagai masalah seperti: membersihkan lantai rumah , untuk memetakan sebuah planet asing, atau ranjau bidang  tambang.
 
Seperti dapat dilihat dalam contoh, gaya hidup sosial semut membentuk dasar dari banyak proyek, dan semut berbasis teknologi robot memberikan manfaat bagi manusia. Itulah mengapa sangat penting bahwa semut dan lembah mereka dikisahkan dalam Al Qur’an. 
 
Istilah “semut” dalam ayat tersebut bisa merujuk ke tentara yang terdiri dari robot, perkembangan masa depan dalam teknologi robot, dan bagaimana robot akan memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Misalnya, mereka dapat melakukan tugas-tugas yang sulit dan dengan demikian menciptakan kenyamanan bagi kehidupan manusia. (Wallahu ‘alam).
Share this article :

0 Comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sky Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger