Ilmuwan Bikin Tengkorak Buatan dari Printer 3D

Rabu, 27 Maret 2013

detail berita
(Foto: Watoday)
HARTFORD - Teknologi printer tiga dimensi (3D) tidak hanya digunakan untuk membuat replika artefak kuno. Namun, teknologi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan tiruan dari anggota tubuh manusia, termasuk tengkorak kepala.

Dilansir Watoday, Rabu (13/3/2013), baru-baru ini dikabarkan para ahli dari Oxford Performance Materials (OPM) di Amerika Serikat membuat implan berbasis mesin cetak 3D. Tengkorak kepala tiruan yang tercipta dari teknologi 3D ini kemudian akan dipasangkan pada pasien.

Sekira 75 persen dari tengkorak kepala pasien pria ini akan digantikan dengan implan hasil mesin cetak 3D. Operasi ini menandai langkah besar dalam kemajuan teknologi percetakan 3D.

Dengan printer inovatif ini, para ahli dapat menciptakan objek dengan mesin yang berbasis model digital. Sebelumnya, kepala pria tersebut telah dipindai (scan) terlebih dahulu sebagai bagian dari prosedur.

Teknologi cetak 3D sangat ideal untuk membuat implan dengan anatomi tubuh manusia yang berbeda-beda. "Kami percaya teknologi kami sangat mengganggu. Ini secara luas akan mempengaruhi industri bedah ortopedi," jelas Scott Defelice, President and Chief Executive OPM.

Jenis implan ini dikenal sebagai OsteoFab Patient Specific Cranial Device. Implan ini terbuat dari PEKK, yang merupakan polimer dengan kualitas atau performa yang sangat tinggi


Sumber Referensi : Okezone
Share this article :

0 Comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sky Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger