Peretas Jaringan Komputer Korsel Diduga dari China

Minggu, 31 Maret 2013

ilustrasi hacker

ilustrasi hacker (http://poemsforkush.com)
Kemarin, enam institusi di Korea Selatan, termasuk bank dan jaringan televisi diserang peretas (hacker). Dalam penyelidikan Departemen Telekomunikasi Korsel, diketahui bahwa pelakunya berasal dari China.

Diberitakan BBC, Kamis 21 Maret 2013, para pelaku ini memasukkan kode berbahaya untuk menyerang jaringan komputer di Korsel. Namun, pejabat berwenang di Korsel masih belum mengetahui siapa pelaku persisnya peretasan tersebut.

"Para peretas yang tidak diketahui identitasnya menggunakan IP Address di China untuk mengontak server dari enam organisasi yang mereka serang. Pelaku juga memasukkan kode berbahaya yang dimaksudkan untuk menyerang jaringan komputer mereka," ujar perwakilan Departemen Telekomunikasi Korsel, Park Jae-moon.

Untuk mengungkap kasus ini dengan cepat, Pemerintah Korsel kemudian membentuk satuan tugas untuk menganalisa virus dan mencegah terjadinya serangan serupa di masa yang akan datang. "Vaksin" gratis untuk komputer pun telah didistribusikan kepada perusahaan-perusahaan di negeri ginseng tersebut.

Walaupun informasi IP Address pelaku sudah dikantongi, namun menurut pejabat berwenang di sana, tidak serta merta mereka dapat langsung mengungkap si pelaku. Pasalnya, para pelaku bisa saja menyamarkan keberadaannya dengan mengubah data pada IP Adress.
Dugaan kuat, para pelakunya adalah pemerintah Korea Utara. Badan intelijen Korsel meyakini Korut secara rutin menggunakan IP Adress komputer di China untuk menyembunyikan serangan mereka ke Korsel. Hal ini diduga sebagai balasan atas pengetatan sanksi PBB terhadap Korut Februari lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, jaringan komputer milik enam organisasi yang terdiri dari stasiun televisi dan perbankan di Korsel lumpuh akibat ulah para peretas pada Rabu kemarin. Dari laporan kantor BBC, sebanyak 32.000 komputer terkena imbas dari aksi peretasan tersebut. Selain itu layanan internet perbankan dan mesin ATM ikut rusak akibat ulah para peretas
Share this article :

0 Comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sky Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger